Rabu, 24 Oktober 2012

Kabel UTP

Kabel UTP












merupakan singkatan Unshielded Twisted Pair, yaiu kabel yang terdiri dari 4 pasang (biru, oranye, hijau, dan coklat) kabel yang dipilin menurut aturan tertentu dan digunakan untuk mentransfer/menerima data.4. Konektor adalah kotak info untuk segala jenis konektor listrik dan sinyal (audio/video).

a. Konektor DNC
Sebuah penghubung kabel koaksial pada jaringan LAN (Local Area Network) yang memiliki sebuah male BNC dan dua female BNC. Bentuk alat ini mirip dengan huruf {T} .

b. Konektor RJ-45
Konektor standar untuk kabel Ethernet Cat 5.

4.1. STRAIGHT KABEL TP (Unshielded Twisted Pair)
adalah jenis kabel yang terdiri dari dua kawat takterbungkus yang berpilih. Kabel UTP banyak digunakan pada local-area networks(LANs) dan sambungan telepon karena harganya lebih murah. Kabel UTP tidaksebaik kabel koaksial dan serat optik dalam hal penyediaan banwidth danketahanan terhadap interferensi. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”.Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik.Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yangdisusun spiral alias saling berlilitan.Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5.Kategori 3 bisa untuk transmisi data sampai 10 mbps, sedang kategori 5 sampai 100 mbps. Kalau hanya buat misalnya jaringan komputer di kantor atau kampus atau warnet, paling hemat ya menggunakan yang kategori 3. Itu sudah lebih dari cukup.Setahu penulis ada banyak merek yang beredar di pasaran, hanya saja yang terkenal bandel dan relatif murah adalah merek Belden - made in USA. Kalau mau yang lebih murah dan penggunaannya banyak, maka beli saja yang satu kotak, panjangnya sekitar 150 meter. Jangan lupa beli konektornya. Konektornya bentuknya seperti colokan telepon hanya saja lebih besar. Bilang saja mau beli konektor RJ-45. 5.

5. Repeater merupakan suatu perangkat jaringan yang berfungsi menguatkan sinyal, kemudian mentransmisikannya kembali. Pada jaringan komputer, sinyal yang ditransmisikan melalui kabel akan melemah seiring dengan semakin bertambah panjangnya kabel. Oleh karen iotu diperlukan repeater dalam topologi bus.4. RouterPrinsip kerja router merupakan gabungan antara prinsip kerja hub, bridge, dan repeater. Kelebihan router yaitu :mampu menerjemahkan informasi antara LAN dan internetmampu mencari jalur terbaik ketika mentransmisikan data melalui internetmampu mengenali semua host pada jaringannya sendiri dan juga mengenali semua bridge dan router lainnya.

6. Bridge
adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Perangkat yang dipergunakan untuk menghubungkan beberapa buah segmen jaringan komputer (LAN) yang sama ataupun berbeda, misalnya jaringan ETHERNET dengan TOKEN RING, lebih cepat daripada ROUTER dan lebih handal, karena paket yang didapat akan langsung dikirimkan ke alamat yg dituju tanpa ada proses penganalisaan/pengecekan dan tanpa ada routing kembali.

7. Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar